Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran adalah sebuah kompetensi keahlian (jurusan) yang mempelajari dasar – dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet). Di Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.

Visi:

Lulusan harus mampu bersaing dipasaran tenaga kerja dalam era perdagangan bebas

Misi:

  1. Lulusan harus mampu bersaing dipasaran tenaga kerja dan mampu mandiri.
  2. Terciptanya proses belajar mengajar dengan sistem ganda atas dasar kepentingan bersama antara sekolah, dunia usaha dan masyarakat.
  3. Standar kompetensi nasional merupakan tujuan akhir dari setiap bidang.

Ruang Lingkup:

Ruang lingkup pekerjaan bagi kelulusan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian pada jenjang SMK antara lain:

DUNIA USAHA LINGKUP PEKERJAAN
Perusahaan Jasa

Perusahaan Dagang

Perusahaan Manufaktur

Instansi Pemerintah/Swasta

a. Ritel, Toko, Supermarket, Dealer

1. Pramuniaga (Tenaga Penjual)

2. Tenaga Pemasaran

3. Tenaga Pembelian

4. Pengelola Gedung

5. Kasir

6. Tenaga Admnistrasi Penjualan dan Pembelian

7. Perantara Dagang

b. Pabrikasi: pergudangan, keuangan, distribusi barang

c. Koperasi: manajer koperasi, pemasaran pembukuan

d. Asuransi: staff, debt Colector, Pencari nasabah

Dengan memenfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program keahlian Pemasaran juga dimungkinkan mengelola perusahaan untuk usaha mandiri.

Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran dapat melanjutkan kuliah di :

1. Fakultas Ekonomi 4. Manajemen Bisnis
2. Marketing 5. Manajemen Pemasaran
3. Komputer Akuntansi
  • A. Muatan Nasional 0/6

  • B. Muatan Kewilayahan 0/2

  • C. Muatan Peminatan Kejuruan 0/12

X